Senin, 18 September 2017

SISI LAIN PENCAK SILAT DI NGANJUK

SISI LAIN PENCAK SILAT DI NGANJUK
Oleh: Riki Sugianto

Layaknya seperti Kabupaten lainnya di Jawa Timur, Kabupaten Nganjuk juga menyimpan banyak keindahan di dalamnya. Nganjuk yang mendapat julukan kota angin ini selain terkenal dengan panorama alam nya juga terkenal sebagai kotanya para pendekar. Berbagai organisasi pencak silat ada di dalam nya dan keberadaanya pun sudah merata mulai dari kota, desa bahkan sampai di wilayah pegunungan.

Pada setiap tahun nya ada ribuan anggota warga baru dari setiap organisasi yang di sahkan atau kita sering menyebutnya dengan istilah “telasan”. Pelatihan dan pembinaan atlet pencak silat di masing-masing organisasi pun kerap kali dilakukan, maka tak hayal Nganjuk memiliki atlet-atlet pencak silat dengan segudang prestasi.

Namun sungguh disayangkan, dengan tidak mengesampingkan sederet prestasi yang telah diukir oleh pencak silat di Nganjuk, ada sisi lain dari pencak silat yang penulis ingin paparkan sebagai berikut.

1. Mendapat Predikat Senang Tawuran

Kita tidak memungkiri banyak terjadi bentrok/tawuran di Nganjuk disebabkan hanya karena latar belakang organisasi pencak silat yang berbeda. Merasa organisasinya paling hebat diantara yang lain, paling besar dan tidak ada yang menandingi kehebatan organisasinya.
Ini bahaya dan merupakan permasalahan yang serius, ketika para anggota pencak silat bermental seperti itu dimana menganggap dirinya/organisasinya lebih baik dari yang lainnya, tentu akan berakibat fatal dikemudian hari.

Ini adalah tugas dan tanggungjawab yang besar bagi para pelatih dari setiap organisasi masing-masing, tak hanya membangun siswa/muridnya dalam segi fisik saja akan tetapi harus berbanding lurus dengan kesiapan mental para anggotanya.

2. Hanya bergaul dengan sesama anggota organisasi

Keadaan ini juga sangat memprihatinkan, dimana mereka hanya mementingkan kelompok/organisasinya saja. Ini seperti ada batas penyekat diantara mereka, yang berasal dari anggota organisasi A akan bergaul dengan sesama anggota A, begitu juga sebaliknya anggota B hanya akan bergaul dengan sesama anggota B.

Miris memang untuk dilihat, yang dulunya mereka sama-sama teman sepermainan waktu kecil, bahkan tetangga yang rumahnya berdampingan tak lantas merubah semua keadaan itu. “ A ya A, B ya B “. Lalu dengan keadaan yang seperti ini, akankah bisa terwujud dengan apa yang dinamakan persatuan dan kesatuan?

3. Pelanggar Lalu Lintas

Reng-reng.... tit-tit... adalah suara motor dan klakson dari mereka anggota pencak silat yang sedang berkonvoi. Kegiatan ini bisa di lihat ketika bulan “suro” ( penanggalan Jawa ) kegiatan ini biasanya dilakukan pada waktu pengesahan anggota/warga baru, tasyakuran atau sekedar konvoi.

Yang menjadi pertanyaan adalah dengan iring-iringan konvoi yang tidak memenuhi standart berkendara seperti tak memakainya helm, lampu tak nyala, sampai ban dan spion yang tidak layak pakai, kenapa tidak ada tindakan tegas dari aparat? Seolah memberi izin dan memberikan kebebasan mereka dalam berkendara, Anehnya lagi konvoi “Ugal-ugalan” itu di kawal mobil aparat supaya pengendara lain nya “mengalah”. Aneh.. sungguh aneh.

Sahabat-sahabat penulis dimanapun berada, merasa memilik dan bangga akan organisasi pencak silat itu penting dan memang harus terpatri dalam hati setiap anggotanya. Akan tetapi... berbanggalah dengan kebanggaan yang dipunyai, tanpa harus mendeskreditkan organisasi lainnya.

Kita bisa bayangkan dari banyaknya anggota pencak silat di Nganjuk dan semuanya bersatu saling bahu membahu menciptakan kerukunan, keamanan, persatuan dan kesatuan tanpa harus tersekat oleh si A, si B, Si C Nganjuk pasti akan bisa menjadi kabupaten yang luar biasa.
Salam....

2 komentar:

  1. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    More than 160 thousand men and women are utilizing a simple and SECRET "liquids hack" to burn 1-2lbs every night as they sleep.

    It's scientific and works every time.

    Just follow these easy step:

    1) Take a clear glass and fill it up with water half glass

    2) Proceed to follow this proven HACK

    and you'll be 1-2lbs skinnier when you wake up!

    BalasHapus
  2. Kawan-kawan diwilayah Pare, Kediri, Jombang, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kertosono bisa dibeli di Ventela Kediri.

    Tersedia berbagai macam produk sepatu sneaker produk dari Ventela
    Info WA. 0812 2216 5002

    BalasHapus