Senin, 18 September 2017

SISI LAIN DANGDUT DI NGANJUK ( ANTARA HIBURAN DAN TAWURAN )

SISI LAIN DANGDUT DI NGANJUK ( ANTARA HIBURAN DAN TAWURAN )
Oleh: Riki Sugianto

Memasuki bulan kemerdekaan RI yang ke 72 seperti ini pasti akan ada banyak perayaan dimana-mana seperti lomba panjat pinang, karnaval, dan tak terlepas dari kemeriahan itu semua adalah adanya musik dangdut atau orang nganjuk menyebutnya dengan istilah “orkesan”.

Seperti yang kita ketahui dangdut adalah seni asli Indonesia yang sudah menggema di berbagai belahan dunia dan tak hayal dangdut selalu ramai akan pengunjung. Dangdut juga merupakan hiburan rakyat yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecintanya. Di Nganjuk sendiri dangdut tumbuh subur, banyak diantara orkes musik dangdut dari Nganjuk yang karya nya mengisi banyak toko kaset musik dimana-mana. Artis atau biduannya pun kini tak hanya tampil di daerah saja namun juga sudah merambah ke layar TV nasional. Sebuah prestasi yang boleh dibilang sangat membanggakan bukan.

Terlepas dari itu semua, dangdut kini mengalami kemrosotan yang sangat tajam dilihat dari sisi penontonnya. Menurut hemat penulis, yang penonton dahulu fikirkan hanya datang melihat dan bergoyang asyik dengan iringan musik yang begitu nikmatnya tanpa ada tawuran/kericuhan, semua nampak berjalan begitu indahnya. Berbeda dengan sekarang, kini dangdut-an dijadikan sebagai ajang pencarian musuh, ajang untuk membalaskan dendam anatar daerah (misal desa A dengan desa B). Selain itu, perkelahian itu bisa terjadi hanya karena masalah sepele seperti bersenggolan dalam bergoyang atau hanya karena terinjak kaki sesama penonton.

Sahabat penulis yang istimewa, pelaku tawuran kerap tidak memikirkan sebab akibat yang mereka timbulkan akibat ulah mereka. Mereka tidak memperhatikan bagaimana kecewa nya penyelenggara hiburan yang sudah “merogoh kocek” dalam untuk menyelenggarakan acara tersebut. Selain itu juga para pedagang yang menggantungkan nasib jualannya di acara tersebut. Lebih parahnya lagi adalah bagi mereka sesama penonton yang sebenarnya tidak tahu apa-apa, hanya sekedar untuk datang dan melihat akan tetapi mendapat “bogem mentah” dari mereka yang tak bertanggungjawab.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya yang mereka cari atau yang mereka hasilkan dari kegiatan tawuran seperti itu? Bukankah semua itu akan merugikan diri sendiri terlebih orang tua nya yang harus menebus mereka di kantor kepolisian.

Sahabat penulis yang super istimewa, sejatinya hiburan dangdut/orkes khususnya di kabupaten Nganjuk adalah sebuah keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, merdunya seruling dan kerasnya tabuhan gendang tentunya akan menambah indah suasana. Lalu mengapa harus kita merusak suasana yang seperti itu? Disini penulis mencoba mengajak semua dangduters untuk lebih menahan diri, dan tetap menjaga perdamaian, kesatuan dan persatuan diantara kita para dangduters.

Dan terakhir... semoga selalu dilimpahkan rahmad dariNya untuk kita semua, Aamiin.
Salam....

1 komentar:

  1. If you're trying to lose kilograms then you have to jump on this brand new custom keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness couches, and professional chefs have joined together to develop keto meal plans that are powerful, suitable, price-efficient, and delightful.

    Since their first launch in 2019, hundreds of people have already transformed their body and well-being with the benefits a great keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.

    BalasHapus