Senin, 18 September 2017

PRAMUKA KU SEMAKIN TUA

PRAMUKA KU SEMAKIN TUA
Oleh: Riki Sugianto

Salam Pramuka...


Selamat berbangga atas HUT Gerakan Pramuka Indonesia, yang pada tanggal 14 Agustus 2017 nanti usianya memasuki 56 tahun. Sebuah pencapaian yang luar biasa tentunya. Akan tetapi seiring dewasanya usia gerakan ini, tak lantas menjadi sempurna. Di usianya kini Gerakan Pramuka ini menyisakan permasalah yang boleh dibilang sepele akan tetapi sangat mendasar, terutama dari segi metode pendidikan dan kegiatannya.

Sejak tujuh belas tahun silam penulis mulai mengikuti kegiatan Pramuka, namun disini penulis seperti belum merasakan adanya perubahan yang signifikan dalam organisasi Pramuka ini. Atau setidaknya sampai detik ini citra yang melekat pada diri masyarakat kita adalah kegiatan Pramuka hanya berkemah, baris-berbaris, bernyanyi-nyanyi dan tak jarang juga masyarakat kita menilai ikut Gerakan Pramuka adalah kegiatan yang sia-sia, karena hanya capek yang akan didapat dan hukuman berat dari anggota yang tidak bertanggungjawab.

Sama hal nya seperti organisasi yang lainnya, Pramuka juga mempunyai tingkatan yang harus dicapai oleh setiap anggotanya. Mulai dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega. Untuk mencapai itu setiap anggota harus lulus dalam setiap kecakapan yang diujikan, kita mengenalnya dengan buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan

Khusus (SKK). Dalam materi yang diujikan terkesan “jadul”, masih ada materi kecakapan yang harus dikuasi anggota yang sebenarnya materi itu sudah tidak sejalan dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Kita ambil contoh seperti materi semapore dan sandi-sandi. Kita tahu semapore adalah sebuah kode untuk menyampaikan pesan kepada kawan dengan menggunakan gerakan bendera, semapore mungkin dibutuhkan ketika di dalam hutan sebagai komunikasi jarak jauh. Ini yang menjadi pertanyaan! Masih dibutuhkan kah semapore? Bukankah dalam kemajuan teknologi saat ini kita mengenal adanya handphone atau HT, yang jauh lebih efektif, cepat dan tidak terhalangi oleh jauhnya jarak. Kemudian lagi, untuk pendirian sebuah tenda berkemah, adik-adik masih menggunakan cara-cara yang kuno dan dengan susah, harus menggunakan pancang dan tali untuk mendirikannya.

Bukankah Pramuka mengajarkan anggotanya untuk selalu sigap, cepat dan tanggap?
Ini menjadi tugas yang besar dan berat bagi para pelaku organisasi ini, kususnya untuk para pembina pramuka. Perlu adanya sebuah pemikiran yang mendalam mengenai kegiatan kepramukaan yang selama ini sudah berjalan. Harus ada materi-materi segar yang relevan dengan zaman sekarang, tidak hanya melanjutkan kepramukaan tempo dulu yang seperti itu dan itu saja.

Sudah waktunya yang muda action, sudah saatnya yang muda maju dan mandiri tanpa harus bergantung kepada mereka anggota pramuka yang berasal dari hasil “produk lama” tidak kita pungkiri bahwa Pramuka yang sekarang ini adalah dari hasil pemikiran orang-orang “Produk Lama” yang mungkin kurang tepat untuk diterapkan pada zaman sekarang ini. Mungkin bisa dibilang pengalaman mereka jauh di atas kita, ini jelas karena mereka jauh lebih tua dari kita, jauh lebih berproses dari kita. Tapi apa mereka juga selalu memperbarui mater-materi kepramukaannya?

Bukankah zaman sudah banyak berkembang? Terlebih semenjak mereka berhenti bersetangan leher?
Perlu diketahui jumlah anggota Pramuka di Negara Indonesia ini adalah yang terbesar di dunia ada puluhan juta anggotanya, coba kita bayangkan akan sangat awesome jika anggota sebanyak ini dibekali kemampuan dan ketrampilan yang bermanfaat, menjadi anggota yang aktif berkreasi dan selalu berkembang.

Terakhir... dalam HUT Gerakan Pramuka Indonesia yang ke 56 ini, besar harapan penulis untuk kejayaan organisasi ini, mencetak generasi bangsa yang penuh inovasi dan kreatif. Aamiin.

Salam Pramuka...

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Well over 160000 women and men are using a simple and secret "water hack" to burn 1-2lbs each and every night as they sleep.

    It's scientific and it works with everybody.

    Just follow these easy step:

    1) Take a drinking glass and fill it up half glass

    2) And now learn this amazing HACK

    you'll become 1-2lbs thinner the very next day!

    BalasHapus