Senin, 18 September 2017

SEKILAS TENTANG BER-ORGANISASI



SEKILAS TENTANG BER-ORGANISASI
Oleh: Riki Sugianto


Sahabat penulis yang super istimewa, walaupun penulis bukanlah seorang aktifis sebuah organisasi namun  penulis memberanikan diri untuk membahas sisi lain dari berorganisasi. Organisasi sendiri sudah banyak pengertian yang bisa diambil atau lebih gampangnya penulis menyimpulkan bahwa organisasi adalah sebuah wadah untuk mencapai tujuan bersama.

Penting untuk diketahui, disini penulis tidak akan membahas tentang organisasi dari segi teori nya sahabat, melainkan membahas organisasi yang dilihat dari sisi anggotanya. Sebelumnya penulis lanjutkan, pernahkah sahabat menjumpai dalam suatu kegiatan dari sebuah organisasi namun hanya itu-itu saja anggotanya yang aktif? dari mulai mengonsep sebuah kegiatan, megurus perizinan, mengantarkan surat delegasi peserta bahkan sampai memasang bendera ya hanya itu dan itu saja orangnya. Pernah sahabat? penulis yakin sahabat pernah menjumpainya.

Berangkat dari situlah, penulis akhirnya mencoba mengelompokan anggota organisasi menjadi empat tipe, yaitu sebagai berikut:

1.      Tipe anggota yang pandai dan mau bekerja

Tipe anggota seperti ini adalah hasil produk pengkaderan yang sukses. Anggota tipe ini adalah tipe anggota yang super istimewa, dimana dia tidak hanya pandai mengkonsep dan meracik sebuah kegiatan namun juga mau membantu untuk turun ke lapangan. Hanya sayangnya tipe anggota yang seperti ini sudah sangat sedikit kita jumpai sahabat.

2.      Tipe anggota yang pandai namun tidak mau bekerja

Tipe anggota seperti ini mungkin cukup banyak kita temukan, dimana mereka adalah orang-orang yang pandai bicara dan cerdas dalam merancang sebuah kegiatan. Namun hal yang sangat disayangkan dari anggota tipe ini adalah dia tidak mau bekerja atau membantu di lapangan, dia hanya mau berdiri sebagai seorang konseptor sejati yang hanya bertugas mengkonsep dan memerintah. Walaupun tidak sepenuhnya benar, tidak dipungkiri anggota tipe ini terkadang dibutuhkan oleh sebuah organisasi.

3.      Tipe Anggota yang kurang pandai namun mau bekerja

Yang ketiga ini adalah tipe anggota yang biasanya kurang pandai dalam bicara atau berorasi, mereka lebih banyak memilih kegiatan dilapangan, kegiatan yang lebih banyak berhubungan dengan hal-hal fisik/tenaga. Tipe ini biasanya adalah tipe anggota yang loyalitasnya kepada organisasi sangat tinggi, anggota ini memilih untuk patuh dan mengerjakan semua perintah dari seorang ketua atau komandannya tanpa harus susah-susah memikirkan konsep yang ini dan itu.

4.      Tipe anggota yang kurang pandai dan tidak mau bekerja

Nah ini sahabat... tipe anggota yang terakhir, tipe yang paling banyak kita jumpai. Tidak hanya kurang cakap dalam berbicara saja namun dia juga tidak mau membantu sedikitpun dalam suatu kegiatan. Tetapi sangat pandai dalam hal berkomentar dan menyalahkan yang lain. Anggota seperti ini adalah anggota yang biasanya membidangi seksi “maido” seksi yang hanya bisa berkomentar tanpa bisa berbuat apa-apa. Syeett Daahhh....

Nah... itulah tadi sahabat ke empat tipe anggota organisasi yang dapat penulis paparkan, kemudian yang menjadi pertanyaan adalah tipe manakah kalian?

Sallammmm...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar