Selasa, 27 Desember 2011

MAKALAH CARA MEMELIHARA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Teknologi pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran di kelas. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pendidik harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan teknologi pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi atau isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai pebelajar.
Selain mampu menggunakan juga mengoperasikan teknologi pembelajaran, seorang pendidik harus juga bisa merawat juga memelihara teknologi pembelajaran tersebut. Ini dimaksudkan supaya teknologi pembelajaran yang digunakan tidak mengalami kerusakan lebih-lebih terjadi kesalahan ketika proses belajar mengajar.
Untuk itulah, dalam makalah ini akan dibahas menganai bagaimana cara memelihara teknologi pembelajaran, dengan batasan pembahasan meliputi pengertian, macam-macam, dan cara memelihara teknologi pembelajaran itu sendiri.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari teknologi pembelajaran?
2.      Apa saja macam-macam teknologi pembelajaran?
3.      Bagaimana cara memelihara teknologi pembelajaran?
C.    Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk memahami apa pengertian dari teknologi pembelajaran
2.      Untuk memahami macam-macam teknologi pembelajaran
3.      Untuk memahami cara memelihara teknologi pembelajaran

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Teknologi Pembelajaran
Mengenai pengertian dari teknologi pembelajaran, ada beberapa pendapat yang mengemukakan hal itu, diantaranya adalah:
Yang pertama, teknologi pembelajaran adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem – sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
Yang kedua, teknologi pembelajaran adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat – alat komunikasi modern, juga tanpa alat – alat itu.[1]
Yang ketiga, teknologi pembelajaran adalah penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan masalah pembelajaran.[2]
Yang keempat, suatu cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.[3]
Yang kelima, teknologi pembelajaran adalah suatu komunikasi yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun dalam berkomunikasi yang diutamaka adalah media komunikasi yang berupa alat – alat teknologi atau disebut hardware.
Dari beberapa pengertiam di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terknologi pembelajaran adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.

B.     Macam-macam Teknologi Pembelajaran
Macam-macam teknologi pembelajaran sangatlah banyak, tergantung kita bisa memanfaatkan benda-benda disekitar kita atau tidak. Berikut ini adalah beberapa macam teknologi pembelajaran.[4]
  1. White board.
adalah salah satu teknologi dasar yang ada di sekolah yang membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Sangat mudah menggunakan alat ini, apalagi dikombinasikan dengan komputer dan proyektor[5]. Papan tulis ini bisa dengan cepat berubah menjadi layar yang bisa dilihat oleh Peserta didik di kelas. Suara, objek dan gambar yang bergerak akan membuat pelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami Peserta didik.
  1. Proyektor.
Merupakan salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat mempresentasikan pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang bisa menarik perhatian Peserta didik dengan segara. Menggunakan proyektor dan komputer sangat bermanfaat. Pendidik bisa menunjukkan kepada Peserta didik beberapa dokumentasi, film dan presentasi powerpoint.
  1. Film
Film pendidikan dianggap efektif untuk digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Film yang diputar didepan siswa harus merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran[6].
  1. Rekaman pendidikan
Istilah asingnya recording, yaitu alat audio yang tidak diikuti dengan visual. Melalui alat ini kita dapat mendengarkan cerita, pidato, music, sajak, pengajian, dst. Rekaman ini sering dilakukan oleh kelompok individu/siswa, misalnya merekan ceramah guru.
  1.  Sound Amplifier.
Sound ampliifier sangat berguna bila dipakai dalam kelas besar. Beberapa Peserta didik tidak bisa menangkap apa yang disampaikan oleh Pendidik karena mereka tidak bisa mendengar suara Pendidik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suara yang jelas dan kuat, mampu menarik perhatian Peserta didik sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih baik.
  1. Filmstrip dan Slide.
Filmstrip dan Slide diperlihatkan kepada Peserta didik-Peserta didik dengan menggunakan proyektor. Yang dilihat adalah gambar “mati” jadi bukan gambar yang hidup seperti film. Gambar itu dapat merupakan foto, tabel, diagram karton, reproduksi lukisan, dan sebagainya. Kecepatan memperlihatkan filmstrip atau slide dapat diatur oleh Pendidik dan bergantung kepada banyaknya komentar yang diberikannya tentang tiap gambar[7].

  1. Overhead projektor
Dapat memproyeksikan pada layar apa yang tergambar atau tertulis pada lembaran plastik transparan. Guru dapat membuat tulisan, catatan atau gambar pada lembaran transparan itu seprti yang dilakukannya dalam papan tulis. Teknologi ini dapat digunakan tanpa menggelapkan ruangan.
  1. Televisi
Merupakan alat elektronik yang berfungsi menyebarkan gambar dan diikuti oleh suara tertentu, tetapi pada dasarnya sama dengan gambar hidup bersuara[8]
  1. Komputer
Komputer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mempermudah mengakses jejaring sosial ( internet ), dan lain-lain.

C.    Cara Memelihara Teknologi Pembelajaran
Penggunaan teknologi pembelajaran secara rutin membutuhkan perawatan yang baik, perawatan ini dilakukan harus sesuai dengan karakteristik media dengan berbagai komponennya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perawatan beberapa teknologi pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran, yakni :
1.      White board
a.       Pakailah alat tulis yang sesuai ( tidakk permanen )
b.      Membersihkannya setelah digunakan.
2.      Proyektor.
a.       Ditempatkan pada ruangan yang kadar air dalam udaranya rendah, sejuk serta bebas dari debu.
b.      Menyimpannya dalam kotak penyimpanan yang baik dan benar.
c.       Cara menggunakan dan matikan proyektor harus dengan cara yang baik dan benar.
d.      Diusahakan jangan terlalu lama penggunaannya.
e.       Selalu dibersihkan secara teratur.
3.      Film
a.       Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b.      Menyimpannya dalam kotak penyimpanan yang baik dan benar
4.      Rekaman Pendidikan
a.       Di tempatkan yang jauh dari bahann-bahan yang mengandung magnet.
b.      Di tempatkan pada ruangan yang suhunya rendah dan sejuk.
c.       Menempatkannya pada kotak pembungkus
5.      Sound Amplifier
a.       Menempatkannya pada suhu yang rendah dan sejuk
b.      Ketika menyalakan juga mematikan harus dengan cara yang baik dan benar
c.       Diusahakan jangan terlalu lama penggunaanya.
d.      Selalu dibersihkan secara teratur.
6.      Filmstrip dan Slide
a.       Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b.      Menyimpannya dalam kotak penyimpanan yang baik dan benar
7.      Overhead Projektor
a.       Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b.      Menyimpannya dalam kotak penyimpanan yang baik dan benar
c.       Pemakaiannya maksimal 5 menit harus dimatikan kemudian selang beberapa menit bisa dinyalakan kembali.
d.      Cara menggunakan juga mematikannya harus dengan cara yang baik dan benar
8.      Televisi
a.       Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b.      Diusahakan jangan terlalu lama pemakainnya
c.       Cara menggunakan juga mematikannya harus dengan cara yang baik dan benar
d.      Selalu di bersihkan secara teratur
9.      Komputer
a.       Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b.      Diusahakan jangan terlalu lama pemakiannya
c.       Cara menggunakan juga mematikannya harus dengan cara yang baik dan benar
d.      Rajin-rajin memperbaharui antivirus
e.       Selalu dibersihkan secara teratur.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.      Teknologi pembelajaran adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan
2.      Macam-macam teknologi pembelajaran adalah Macam-macam teknologi pembelajaran sangatlah banyak, tergantung kita bisa memanfaatkan benda-benda disekitar kita atau tidak. Diantaranya adalah white board, proyektor, film, rekaman pendidikan, sound amplifer, filmstrip dan slide, overhead proyektor, televisi dan komputer.
3.      Cara memelihara teknologi pembelajaran adalah memelihara tekonologi pembelajaran dengan cara menyesuailan karakteristik media dengan berbagai komponennya dan dilakukan perawatan secara teratur.

DAFTAR PUSTAKA

AM, Mohammad Arif. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press
Azhar, Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
________, 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara


[1] Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. H. 1
[2] Hamzah B. Uno. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. H. 50
[3] Mohammad Arif AM. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press. H. 3
[4] Arsad Azhar. 2008. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. H. 76
[5] Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.  H. 102
[6] Ibid,  h. 104
[7] Ibid, h. 105
[8] Sudarwan Danim. 1994. Media Komunikasi Pendidikan,  Jakarta: Bumi Aksara. H. 17-22

1 komentar:

Terima kasih pada zaman sekarang ternyata masih ada juga blog yang menyajikan informasi yang murah dan gratis bagi kami yang kurang mampu dan memiliki kemampuan teknologi yang sangat minim. terima kasih semoga Allah memberikan hidayahNya kepada orang orang yang bermurah hati membagi ilmu pengetahuan. Amin....

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More