BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Seiring
dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam
segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan
di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang
konvensional menjadi nonkonvensional. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati
segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan
di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang
konvensional menjadi nonkonvensional. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati
.Oleh
karena itu, pada makalh ini akan membahs macam-amacam alat an karakteristik
teknologi pendidikan. Agar para calaon pendiik mengetahui teknologi apa saja
yang apa digunakan dalam proses belajar mengajar.
B. RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan Latar Belakang di atas, maka pada makalah ini mempunyai
Rumusan Masalah sebagai berikut:
1.
Bagaiaman pengertian
alat teknologi pembelajaran?
2.
Apa saja macam-macam
alat teknologi pembelajaran?
3.
Apa saja karakteristik
alat teknologi pembelajaran?
4.
Apa saja kelebihan dan
akekurangan menggunakan alat teknologi pembelajaran?
C. TUJUAN
PEMBAHASAN
Berdasarkan Rumusan Masalah di atas, maka pada makalah ini mempunyai Tujuan
Pembahsan sebagai berikut:
1. Memahami pengertian alat teknologi pembelajaran
2. Memahami macam-macam alat teknologi pembelajaran
3. Memahami karakteristik alat teknologi pembelajaran
4. Memahami kelebihan dan akekurangan menggunakan alat teknologi
pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
MACAM-MACAM ALAT DAN KARAKTERISTIK
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
A.
Pengrtian Alat Teknologi
Pembelajaran
Alat adalah perkakas, perabot, sesuatu yang digunakan untuk membantu
mengerjakan sesuatu[1].
Alat atau Perkakas (Inggris: tools) adalah benda yang digunakan untuk mempermudah[2].
Sedangkan teknologi pembelajaran
adalah suatu cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam
mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan
alat media atau disebut hardware maupun yang lebih
penting sofeware, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat
menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa[3].Teknologi pendidikan dapat diartikan sebagai
pegangan atau pelaksanaan pendidikan secara sistematis.
Dari
pengertian teknologi di atas, maka penulis berpendapat bahwa teknologi
pembelajaran adalah suatu cara atau
suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta
didik untuk mencapai tujuan dengan menggunakan alat bantu yang disebut “hardware” antara
lain berupa TV, radio, video, tape, computer, dan lain-lain. Selain dari itu
pendidikan juga menggunakan teknologi yang disebut dengan “software” antara
lain menganalisis dan mendesain urutanatau langkah-langkah belajar berdasarkan
tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi dan penilaian
keberhasilannya.
Dari pengertian alat dan teknologi di atas, maka pada makalah ini dapat
merumuskan pengertian alat teknologi pembelajaran adalah perkakas, perabot yang
digunakan untuk mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik
menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih
penting sofeware, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat
menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.
B.
Macam-Macam Alat Teknologi
Pembelajaran
Macam-macam
teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu Teknologi pendidikan
satu atau perangkat keras(hardware), tenologi pendidikan dua atau
perangkat lunak (software), dan teknologi pembelajaran gabungan antar
perangkat keras dan lunak.[4]
1. Teknologi
pendidikan satu atau perangkat keras (hardware)
yaitu mengarah
pada perangkat keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD,
TV, Video dan alat elektroniklainnya). Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan
proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara,
mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau
pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan
efisien
1.
White board.
adalah
salah satu teknologi dasar yang ada di sekolah yang membuat proses pembelajaran
menjadi menarik. Sangat mudah menggunakan alat ini, apalagi dikombinasikan
dengan komputer dan proyektor[5].
Papan tulis ini bisa dengan cepat berubah menjadi layar yang bisa dilihat oleh
Peserta didik di kelas. Suara, objek dan gambar yang bergerak akan membuat
pelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami Peserta didik.
2. Proyektor.
Merupakan
salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat mempresentasikan
pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang bisa menarik
perhatian Peserta didik dengan segara. Menggunakan proyektor dan komputer
sangat bermanfaat. Pendidik bisa menunjukkan kepada Peserta didik beberapa
dokumentasi, film dan presentasi powerpoint.
3. Film
Film pendidikan dianggap efektif untuk digunakan
sebagai alat bantu pengajaran. Film yang diputar didepan siswa harus merupakan
bagian integral dari kegiatan pembelajaran[6].
4.
Rekaman
pendidikan
Istilah asingnya recording, yaitu alat audio yang
tidak diikuti dengan visual. Melalui alat ini kita dapat mendengarkan cerita,
pidato, music, sajak, pengajian, dst. Rekaman ini sering dilakukan oleh
kelompok individu/siswa, misalnya merekan ceramah guru.
5. Sound Amplifier.
Sound
ampliifier sangat berguna bila dipakai dalam kelas besar. Beberapa Peserta
didik tidak bisa menangkap apa yang disampaikan oleh Pendidik karena mereka
tidak bisa mendengar suara Pendidik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa
suara yang jelas dan kuat, mampu menarik perhatian Peserta didik sehingga hasil
pembelajaran menjadi lebih baik.
6. Filmstrip dan
Slide.
Filmstrip
dan Slide diperlihatkan kepada Peserta didik-Peserta didik dengan menggunakan
proyektor. Yang dilihat adalah gambar “mati” jadi bukan gambar yang hidup seperti
film. Gambar itu dapat merupakan foto, tabel, diagram karton, reproduksi
lukisan, dan sebagainya. Kecepatan memperlihatkan filmstrip atau slide dapat
diatur oleh Pendidik dan bergantung kepada banyaknya komentar yang diberikannya
tentang tiap gambar[7].
7. Overhea projektot
Dapat
memproyeksikan pada layar apa yng tergambar atau tertulis pada lembaran plastik
transparan. Guru dapat membuat tulisan, catatan atau gambar pada lembaran
transparan itu seprti yang dilakukannya dalam papn tulis. Teknologi ini dapat
digunakan tanpa menggelapkan ruangan.
8.
TV
Merupakan
alat elektronik yang berfungsi menyebarkan gambar dan diikuti oleh suara
tertentu.. pada dasarnya sama dengan gambar hidup bersuara[8]
2.
Teknologi pendidikan dua atau perangkat lunak
Yaitu
menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam
kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran, dan
evaluasi. Jadi teknologi pendidikan yang dimaksud disini adalah langkah-langkah yang diambil demi
kelancaran proses pelaksanaan pendidikan. jadi alat pendidikan itu berupa usaha
dan perbuatan yang secara konkrit dan tegas dilaksanakan, guna menjaga agar
proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil. Diantaranya:
1.
Alat pendidikan preventif
Ialah alat pendidikan yang bersifat pencegahan. Tujuan alat pendidikan
preventif itu diadakan jika maksudnya mencegah anak sebelum ia berbuat sesuatu
yang tidak baik . Dan untuk menjaga agar hal-hal yang dapat menghambat atau
mengganggu kelancaran dari proses pendidikan bisa dihindarkan.Misalnya, tata
tertib, anjuran dan perintah, larangan dan paksaan.
2.
Alat pendidikan represif
Disebut juga
alat pendidikan kuratif atau alat pendidikan korektif. Alat pendidikan represif
bertujuan untuk menyadarkan anak kembali kepada hal-hal yang benar, yang baik
dan tertib. Alat pendidikan represif diadakan bila terjadi sesuatu perbuatan
yang dianggap bertentangan dengan peraturan-peraturan, atau sesuatu perbuatan
yang dianggap melanggar peraturan. Misalnya, pemberitahuan, teguran, hukuman
dan ganjaran.
3.
Teknologi pendidikan tiga
Teknologi
pendidikan tiga, yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu “peragkat
keras“ dan perangkat lunak”. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya
yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa
yang ada di sekitar. Teknologi pendidikan tiga dapat dikatakan sebagai
pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostik yang
menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi
pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat
keras saja seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang benar, namum juga
meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak
Jika dilihat
dari jenisnya, teknologi pembelajaran terbagi menjadi tiga yaitu teknologi
auditif, visual, dan audio visual[9].
1. Teknnologi
auditif yaitu yang
hanya mengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder, peringan
hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan
pendengaran.
2. Teknnologi
visual yaitu
Teknnologi yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang
menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto, gambar atau lukisan,
dan cetakan. Ada pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti
film bisu, dan film kartun.
3. Teknnologi
audio visual yaitu Teknnologi
yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunya kemampuan
yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua[10]
C.
Karakteristik Alat Teknologi
Pembelajaran
Karakteristik disini yang dimaksu adalah Ciri khas dari suatu cara atau
suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta
didik untuk mencapai tujuan dengan menggunakan alat bantu yang disebut “hardware”
antara lain berupa TV, radio, video, tape, computer, dan lain-lain. Selain dari
itu pendidikan juga menggunakan teknologi yang disebut dengan “software” antara
lain menganalisis dan mendesain urutan atau langkah-langkah belajar berdasarkan
tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi dan penilaian
keberhasilannya.
1. Teknologi Pembelajaran satu (software)
a. Teknologi auditif,
karateristiknya:
§ Hanya mengandalkan
suara saja
§ Dalam penyajiannya
tidak ada gambar
§ Tidak cocok untuk
orang tuli
b. Teknologi visual, karakteristiknya:
§ Mengandalkan indra
penglihatan saja
§ Ganbar yang
ditampilkan statis, diam atau tidak bergerak
§ Tidak cocok untuk
orang buta
c. Teknologi audio
visual
§ Menyajikan suara dan
gambar
§ Menampilkan visual
tau gambar yang dinamis (bergerak)
§ Digunakan dengan cara
yang telah direncanakan oleh perancang
2. Teknologi Pembelajaran dua (hard ware) (
kurikulum, metode, peraturan, langkah- langkah, manajemen( planing, organizing,
aktuanting, controling)
§ Dapat terlihat bila
sudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar
§ Berorientasi pada
POAC
§ Selalu direncanakan
dengan matang sebelum melakukan poses pembeljaran
§ Dalam proses
pembelajaran bersanarkan pada kurikulum yang ditetapkan
§ Menggunakan metode
yang sudah direncanakan
3. Teknologi pembelajaran tiga ( gabungan soft ware dan hard
ware)
§ Menyajikan suara dan
gambar
§ Menampilkan visual
tau gambar yang dinamis (bergerak)
§ Digunakan dengan cara
yang telah direncanakan oleh perancang
§ Dalam pelaksanaan
proses pembelajaran mengguanakn audio
visual dan metode tertentu yang telah direncanakan.
D.
Kelebihan dan Kekurangan Alat
Teknologi Pembelajaran
Meskipun dalam
penggunaannya jenis-jenis alat teknologi sangat dibutuhkan pendidik dan peserta
didik dalam membantu kegiatan pembelajaran, namun secara umum terdapat beberapa
kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Diantara kelebihan atau kegunaan alat
teknologi pembelajaran yaitu:
a.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu
bersifat veralistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)[11]
b.
Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan
fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
c.
Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera,
seperti: Objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar,
filmbingkai, film atau model. - Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor
micro, film bingkai, film atau gambar. - Gerak yang terlalu lambat atau terlalu
cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed photografi, Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa lalu
bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun
secara verbal.
d.
Dengan menggunakan teknologi pembeljaran secara
tepat dan bervariasi sifat pasif anak didik dapat diatasi. Dalam hal ini media
pembelajaran berguna untuk: Menimbulkan kegairahan belajar. - Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan
kenyataan. - Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan
dan minat masing-masing.
e.
Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual
untuk mendukung pelajar[12]
·
Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan
apa yang mereka ketahui.
·
Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu
pendidikan/sekolah.
·
Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan
fektifitas dan efisiensi proses belajar
mengajar.
mengajar.
·
Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai
tujuan pendidikan
Adapun beberapa kelemahan dalam penggunaan
teknologi dalam pembelajaran antara lain:
a.
Pihak Pendidik yang tidak bisa
mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggalkan oleh Peserta didik.
b.
Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang
berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih
kurang.
c.
Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun
soffware membutuhkan biaya yang mahal.
d.
Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat
inovasi pendidikan.
e.
Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk
Hardware memerlukan kontrol
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet..
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet..
f.
Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi
cenderung gagal
Demikian
beberapa kelebihan dan kekurangan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Kelebihan dan kekurangan yang disebutkan oleh pemakalah hanyalah sebagian,
masih banyak kelebihan dan manfaat yang dihasilkan dengan menggunakan teknologi
dalam pembelajaran
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1.Alat teknologi
pembelajaran adalah perkakas, perabot yang digunakan untuk mengarahkan peserta
didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut
hardware maupun yang lebih penting sofeware,
sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan
oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.
2.
Macam- macan alat
teknologi pembelajaran
Macam-macam teknologi
pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu
a. Teknologi pendidikan
satu atau perangkat keras (hardware) yaitu mengarah pada
perangkat keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV,
Video dan alat elektroniklainnya).
b. Teknologi pendidikan
dua atau perangkat lunak Yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran..
c. Teknologi pendidikan
tiga, yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu “peragkat keras“ dan
perangkat lunak.
Jika dilihat
dari jenisnya, teknologi pembelajaran terbagi menjadi:
a. Teknnologi auditif
yaitu yang hanya mengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder, peringan
hitam
b. Teknnologi visual
yaitu Teknnologi yang hanya mengandalkan indera penglihatan.
c. Teknnologi audio
visual yaitu Teknnologi yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
3.
Karakteristik alat
teknologi pembelajaran.
a.
Teknologi pembelajaran
satu atau perangkat keras
§ Audio karakteristiknya: Hanya mengandalkan suara saja, Dalam penyajiannya tidak ada gambar, Tidak cocok untuk orang tuli
§ Visual karakteristiknya: Mengandalkan indra penglihatan saja,
Ganbar yang ditampilkan statis, diam atau tidak bergerak, Tidak cocok untuk orang buta
§ Audio visual: Menyajikan suara dan gambar, Menampilkan
visual tau gambar yang dinamis (bergerak),
Digunakan dengan cara yang telah direncanakan oleh perancang
b.
Teknologi pembeljaran
dua atau perangkat lunak karakteristiknya: Dapat terlihat bila sudah diaplikasikan dalam
proses belajar mengajar, Berorientasi
pada POAC, Selalu direncanakan
dengan matang sebelum melakukan poses pembeljaran, Dalam proses pembelajaran bersanarkan pada kurikulum yang
ditetapkan.
c.
Teknologi pembeljaran
gabungan karakteritiknya:Menyajikan
suara dan gambar, Menampilkan visual
atau gambar yang dinamis (bergerak), Digunakan
dengan cara yang telah direncanakan oleh perancang
d. Dalam pelaksanaan
proses pembelajaran mengguanakn audio
visual dan metode tertentu yang telah direncanakan
4.
Kelebihan dan kekurangan
teknologi pembelajaran
Kelebihan teknologi pembelajaran diantarnya:
a.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu
bersifat veralistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
b.
Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan
fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
c.
vDengan menggunakan teknologi pembeljaran secara
tepat dan bervariasi sifat pasif anak didik dapat diatasi
d.
Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual
untuk mendukung pelajar
Kekurangan teknologi
pembelajaran diantarnya:
a.
Pihak Pendidik yang tidak bisa
mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggalkan oleh Peserta didik.
b.
Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk
Hardware memerlukan kontrol
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet.
yang tinggi dari guru atau orang tua terutama internet.
c.
Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun
soffware membutuhkan keahlian tertentu..
DAFTAR PUSTAKA
Brian Prabaswara. Kamus Praktis Bahasa Indonesia.
Jakarta: APRINDO.
Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar
Mengajar .Jakarta: PT Rineka Cipta
Mohammad Arif AM. 2010. Teknologi pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press.
Nasution.
1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta Bumi: Aksara
Sudarwan Danim. 1994. “Media Komunikasi Pendidikan”
Jakarta: Bumi Aksara.
Arsad Azhar. 2008. Media Pembelajaran.Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
[1] Brian Prabaswara. Kamus Praktis Bahasa
Indonesia. Jakarta: APRINDO. Hal 47
[2]Kamus Besar Bahasa Indonesia. Hal 232
[4] Arsad Azhar. 2008. Media Pembelajaran.Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Hal 76
[5] Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan.
Bumi Aksara: Jakarta hal 102
[9] Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi
Belajar Mengajar .Jakarta: PT Rineka Cipta. Hal 86
[11] Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi
Belajar Mengajar .Jakarta: PT Rineka Cipta. Hal 35
[12] Arsad Azhar, 2008, Media Pembelajaran
,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal 23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar