BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses
pembelajaran di kelas. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pendidik
harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan teknologi pembelajaran baik sebagai
alat bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi atau isi pelajaran
semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai pebelajar.
Selain mampu menggunakan juga mengoperasikan teknologi pembelajaran,
seorang pendidik harus juga bisa merawat juga memelihara teknologi pembelajaran
tersebut. Ini dimaksudkan supaya teknologi pembelajaran yang digunakan tidak
mengalami kerusakan lebih-lebih terjadi kesalahan ketika proses belajar
mengajar.
Untuk itulah, dalam makalah ini akan dibahas menganai bagaimana cara
memelihara teknologi pembelajaran, dengan batasan pembahasan meliputi
pengertian, macam-macam, dan cara memelihara teknologi pembelajaran itu
sendiri.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Apa pengertian dari
teknologi pembelajaran?
2.
Apa saja macam-macam
teknologi pembelajaran?
3.
Bagaimana cara memelihara
teknologi pembelajaran?
C. Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas,
maka tujuan pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk memahami apa
pengertian dari teknologi pembelajaran
2.
Untuk memahami macam-macam
teknologi pembelajaran
3.
Untuk memahami cara
memelihara teknologi pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi Pembelajaran
Mengenai pengertian dari teknologi pembelajaran, ada
beberapa pendapat yang mengemukakan hal itu, diantaranya adalah:
Yang pertama, teknologi pembelajaran adalah
pengembangan, penerapan dan penilaian sistem – sistem, teknik dan alat bantu
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
Yang kedua, teknologi pembelajaran adalah
pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem solving
dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat – alat komunikasi modern,
juga tanpa alat – alat itu.[1]
Yang ketiga, teknologi pembelajaran adalah
penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu
perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan
pemecahan masalah pembelajaran.[2]
Yang keempat, suatu cara atau suatu metode yang
digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai
tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang
lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik
mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang
bukan terpaksa.[3]
Yang kelima, teknologi pembelajaran adalah
suatu komunikasi yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun
dalam berkomunikasi yang diutamaka adalah media komunikasi yang berupa alat –
alat teknologi atau disebut hardware.
Dari beberapa pengertiam di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa terknologi pembelajaran adalah suatu cara atau metode yang
sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi dengan
lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.
B. Macam-macam Teknologi Pembelajaran
Macam-macam
teknologi pembelajaran sangatlah banyak, tergantung kita bisa
memanfaatkan benda-benda disekitar kita atau tidak. Berikut ini adalah beberapa
macam teknologi pembelajaran.[4]
- White board.
adalah
salah satu teknologi dasar yang ada di sekolah yang membuat proses pembelajaran
menjadi menarik. Sangat mudah menggunakan alat ini, apalagi dikombinasikan
dengan komputer dan proyektor[5].
Papan tulis ini bisa dengan cepat berubah menjadi layar yang bisa dilihat oleh
Peserta didik di kelas. Suara, objek dan gambar yang bergerak akan membuat
pelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami Peserta didik.
- Proyektor.
Merupakan
salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat mempresentasikan
pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang bisa menarik
perhatian Peserta didik dengan segara. Menggunakan proyektor dan komputer
sangat bermanfaat. Pendidik bisa menunjukkan kepada Peserta didik beberapa
dokumentasi, film dan presentasi powerpoint.
- Film
Film pendidikan dianggap efektif untuk digunakan
sebagai alat bantu pengajaran. Film yang diputar didepan siswa harus merupakan
bagian integral dari kegiatan pembelajaran[6].
- Rekaman pendidikan
Istilah asingnya recording, yaitu alat audio yang
tidak diikuti dengan visual. Melalui alat ini kita dapat mendengarkan cerita,
pidato, music, sajak, pengajian, dst. Rekaman ini sering dilakukan oleh
kelompok individu/siswa, misalnya merekan ceramah guru.
- Sound Amplifier.
Sound ampliifier sangat berguna bila dipakai dalam
kelas besar. Beberapa Peserta didik tidak bisa menangkap apa yang disampaikan
oleh Pendidik karena mereka tidak bisa mendengar suara Pendidik. Beberapa
penelitian menunjukkan bahwa suara yang jelas dan kuat, mampu menarik perhatian
Peserta didik sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih baik.
- Filmstrip dan Slide.
Filmstrip
dan Slide diperlihatkan kepada Peserta didik-Peserta didik dengan menggunakan
proyektor. Yang dilihat adalah gambar “mati” jadi bukan gambar yang hidup
seperti film. Gambar itu dapat merupakan foto, tabel, diagram karton,
reproduksi lukisan, dan sebagainya. Kecepatan memperlihatkan filmstrip atau
slide dapat diatur oleh Pendidik dan bergantung kepada banyaknya komentar yang
diberikannya tentang tiap gambar[7].
- Overhead projektor
Dapat
memproyeksikan pada layar apa yang tergambar atau tertulis pada lembaran plastik transparan. Guru dapat
membuat tulisan, catatan atau gambar pada lembaran transparan itu seprti yang
dilakukannya dalam papan
tulis. Teknologi ini dapat digunakan tanpa menggelapkan ruangan.
- Televisi
Merupakan
alat elektronik yang berfungsi menyebarkan gambar dan diikuti oleh suara
tertentu, tetapi pada
dasarnya sama dengan gambar hidup bersuara[8]
- Komputer
Komputer merupakan alat elektronik yang berfungsi
untuk mempermudah mengakses jejaring sosial ( internet ), dan lain-lain.
C. Cara Memelihara Teknologi Pembelajaran
Penggunaan
teknologi pembelajaran secara rutin membutuhkan perawatan yang baik, perawatan ini
dilakukan harus sesuai dengan karakteristik media dengan berbagai komponennya.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai perawatan beberapa teknologi
pembelajaran yang
sering digunakan dalam pembelajaran, yakni :
1.
White board
a.
Pakailah alat tulis yang
sesuai ( tidakk permanen )
b.
Membersihkannya setelah
digunakan.
2.
Proyektor.
a. Ditempatkan
pada ruangan yang kadar air dalam udaranya rendah, sejuk serta bebas dari debu.
b.
Menyimpannya dalam kotak
penyimpanan yang baik dan benar.
c.
Cara menggunakan dan
matikan proyektor harus dengan cara yang baik dan benar.
d.
Diusahakan jangan terlalu
lama penggunaannya.
e.
Selalu dibersihkan secara
teratur.
3.
Film
a.
Menempatkannya pada ruangan
yang bersuhu rendah dan sejuk
b.
Menyimpannya dalam kotak
penyimpanan yang baik dan benar
4.
Rekaman Pendidikan
a.
Di tempatkan yang jauh dari
bahann-bahan yang mengandung magnet.
b.
Di tempatkan pada ruangan
yang suhunya rendah dan sejuk.
c.
Menempatkannya pada kotak
pembungkus
5.
Sound Amplifier
a. Menempatkannya pada suhu
yang rendah dan sejuk
b. Ketika menyalakan juga mematikan harus dengan cara yang baik dan
benar
c. Diusahakan jangan
terlalu lama penggunaanya.
d. Selalu dibersihkan
secara teratur.
6.
Filmstrip dan Slide
a.
Menempatkannya pada ruangan
yang bersuhu rendah dan sejuk
b.
Menyimpannya dalam kotak
penyimpanan yang baik dan benar
7.
Overhead Projektor
a.
Menempatkannya pada ruangan
yang bersuhu rendah dan sejuk
b.
Menyimpannya dalam kotak
penyimpanan yang baik dan benar
c.
Pemakaiannya maksimal 5
menit harus dimatikan kemudian selang beberapa menit bisa dinyalakan kembali.
d.
Cara menggunakan juga mematikannya
harus dengan cara yang baik dan benar
8.
Televisi
a. Menempatkannya pada
ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b. Diusahakan jangan
terlalu lama pemakainnya
c. Cara menggunakan juga
mematikannya harus dengan cara yang baik dan benar
d. Selalu di bersihkan
secara teratur
9.
Komputer
a. Menempatkannya pada ruangan yang bersuhu rendah dan sejuk
b. Diusahakan jangan terlalu lama pemakiannya
c. Cara menggunakan juga mematikannya harus dengan cara yang baik
dan benar
d. Rajin-rajin memperbaharui antivirus
e. Selalu dibersihkan secara teratur.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
1.
Teknologi pembelajaran
adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta
didik dapat menerima materi dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada
paksaan
2.
Macam-macam teknologi
pembelajaran adalah Macam-macam
teknologi pembelajaran sangatlah banyak, tergantung kita bisa
memanfaatkan benda-benda disekitar kita atau tidak. Diantaranya adalah white
board, proyektor, film, rekaman pendidikan, sound amplifer, filmstrip dan
slide, overhead proyektor, televisi dan komputer.
3.
Cara memelihara teknologi
pembelajaran adalah
memelihara tekonologi pembelajaran dengan cara menyesuailan karakteristik media
dengan berbagai komponennya dan dilakukan perawatan secara teratur.
DAFTAR
PUSTAKA
AM, Mohammad Arif. 2010. Teknologi
Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press
Azhar, Arsyad. 2008. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. 1994. Media
Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nasution. 1994. Teknologi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
________, 2008. Teknologi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Terima kasih pada zaman sekarang ternyata masih ada juga blog yang menyajikan informasi yang murah dan gratis bagi kami yang kurang mampu dan memiliki kemampuan teknologi yang sangat minim. terima kasih semoga Allah memberikan hidayahNya kepada orang orang yang bermurah hati membagi ilmu pengetahuan. Amin....
BalasHapus