MEDIA PEMBELAJARAN
TUGAS
Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Mata kuliah
“ Media Pembelajaran “
Dosen Pembimbing:
H. Soekarno L.
Hasyim, SH, MM.
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM MIFTAHUL ‘ULA
( S T A I M )
FAKULTAS
TARBIYAH PRODI S-1 PAI
Nglawak –
Kertosono – Nganjuk
Oktober 2011
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Definisi Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medio. Dalam
bahasa Latin, media dimaknai sebagai antara. Media merupakan bentuk jamak dari
medium, yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Secara khusus,
kata tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk
membawa informasi dari satu sumber kepada penerima. Dikaitkan dengan
pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam
proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar
kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran.
Satu hal yang perlu diingat bahwa peranan media tidak
akan terlihat apabila penggunaannya tidak sejalan dengan isi dan tujuan
pembelajaran yang telah dirumuskan. Secanggih apa pun media tersebut, tidak
dapat dikatakan menunjang pembelajaran apabila keberadaannya menyimpang dari
isi dan tujuan pembelajarannya.
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan
bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau
pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses
belajar terjadi.
Latuheru, menyatakan bahwa media pembelajaran adalah
bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan
maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat
berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.
Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran
memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi
pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian
siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar
siswa.
2. Manfaat Media Pembelajaran
Ada
dua fungsi utama media pembelajaran yang perlu kita ketahui. Fungsi pertama
media adalah sebagai alat bantu pembelajaran, dan fungsi kedua adalah sebagai
media sumber belajar. Kedua fungsi utama tersebut dapat ditelaah dalam ulasan
di bawah ini.
a) Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam
pembelajaran
Tentunya kita tahu bahwa setiap materi ajar memiliki
tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada materi ajar yang tidak
memerlukan alat bantu, tetapi di lain pihak ada materi ajar yang sangat
memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran. Media pembelajaran yang
dimaksud antara lain berupa globe, grafik, gambar, dan sebagainya.
Materi ajar dengan tingkat kesukaran
yang tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa. Tanpa bantuan media, maka materi
ajar menjadi sukar dicerna dan dipahami oleh setiap siswa. Hal ini akan semakin
terasa apabila materi ajar tersebut abstrak dan rumit/kompleks. Sebagai alat
bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan
pembelajaran.
Hal ini dilandasi keyakinan bahwa
kegiatan pembelajaran dengan bantuan media mempertinggi kualitas kegiatan
belajar siswa dalam tenggang waktu yang cukup lama. Itu berarti, kegiatan
belajar siswa dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar
yang lebih baik daripada tanpa bantuan media.
b) Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar
Sekarang Anda menelaah media sebagai
sumber belajar. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan
sebagai tempat bahan pembelajaran untuk belajar peserta didik tersebut berasal.
Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi lima
kategori, yaitu manusia, buku perpustakaan, media massa, alam lingkungan, dan media pendidikan.
Media pendidikan, sebagai salah satu sumber belajar, ikut membantu guru dalam
memudahkan tercapainya pemahaman materi ajar oleh siswa, serta dapat memperkaya
wawasan siswa.
3. Macam - Macam Media Pembelajaran Dan
Karakteristiknya
Media pembelajaran merupakan komponen intruksional
yang melliputi pesan, orang, dan peralatan. Menurut syaifulbahri djamarah dan aswan zain,media merupakan
wahana penyalur informasi belajar atau informasi pesan. Dalam perkembangannya
media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan
teknologi tersebut, media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok
yaitu:
1.
Media
Hasil teknologi
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui
prosespercetakan mekanisatau photografis. Kelompok media hasil teknologi cetak
antara lain: teks, grafik, foto atau representasi fotografik. Karakteristik
media hasil cetak:
a)
Teks dibaca secara linear.
b)
Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif.
c)
Ditampilkan secara statis atau diam.
d)
Pengembangannya sangat tergantung kepada
prinsip-prinsip pembahasan .
e)
Berorientasi atau berpusat pada siswa.
Pendekatan yang berorientasi pada siswa adalah
pendekatan dalam belajar yang ditekankan pada ciri-ciri dan kebutuhan siswa
secara individual. Sedang lembaga pendidikan dan para pengajar berfungsi dan
berperan sebagai penunjang saja. Sistem pendekatan yang berorientasi pada siswa
ini didesainsedemikian rupa. Sehingga siswa dapat belajardengan sistem yang
luwes yang diarahkan agar siswa dapat membenntuk gaya belajarnya masingmasing. Dalam hal ini
guru dan lembaga berperan sebagai penunjang, fasilitator dan semangat pada
siswa yang sedangbelajar.
f)
Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai.
2.
Media
hasil teknologi audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan
menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan
audio-visual
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. Karakteristik:
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. Karakteristik:
a)
Bersifat linear.
b)
Menyajikan visual yang dinamis.
c)
Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya
oleh perancang.
d)
Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau
abstrak.
e)
Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme
dan kognitif.
f)
Berorientasi pada guru.
Pendekatan yang berorientasi pada guru atau lembaga adalah sistem pendidikan yang konfensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan penuh oleh para guru dan staf lembaga penndidikan. Dalam sistemini guru mengkomunikasikan pengethuannya kepada siswa dalam bentuk pokok bahasan dalam beberapa macam bentuk silabus. Biasanya pembalajaran berlangsung dan selesai dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan metode mengajar yang dipakai tidak beragam bentuknya, biasanya menggunakan metode ceramah dengan pertemuan tatap muka (face to face).
3.
Media
Hasil Teknologi Yang Berdasarkan Computer
Teknologi berbasis
computer merupakan cara menghasilka atau menyampaikanmateri dengan menggunakan
sumber-suber yang berbasis micro-prosesor.
Berbagai aplikasi teknologi berbasiskomputer
dalam pembelajaran ummumnya dikenalsebagai computer assisted instruction.
Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajiandan tujuan yang ingin
dicapai melipiti tutorial,penyajian materi secara bertahap, drills end practice
latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya,
permainan dan Simulasi (latihanuntukmengaplikaskan pengetahian dan keterampiln
yang baru dipelajari dari, dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa
menambahh informasi dan penegtahuan sesuai dengan keinginan masing-masing )
Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan
computer:
a)
Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara
linear.
b)
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
c)
gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik.
d)
Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media
ini.
e)
Beroriatasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas
siswa yang tinggi
4.
Media
Hasil Gabungan Tenologi Cetak Dan Teknologi Computer.
Teknologi gabungan adalah cara unntukmenghasilkan dan
menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang
dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti
jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang
beresolusi tinggi ditambah dengan pararel(alat-alat tambahan), seperti: vidio
disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem
audio.
a)
Dapat digunkan secara acak, sekuensial, linear.
b)
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa, bukan saja
dengan direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya.
c)
Gagasan disajikan secara realistik sesuai dengan
pengalaman siswa, menurut apa yang relefan dengan siswa dan dibawah
pengendalian siswa.
d)
Prinsip ilmu kognitif dan konstruktifisme ditetapkan
dalampengembangan dan penggunaanpelajaran.
e)
Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif
sehingga pengetahuan dikuasai jika pengetahuan itu digunakan.
f)
Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa.
g)
Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari
berbagai sumber
Selain pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
Selain pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
- Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a. Media auditif
Media yang hanya mengandalkan suara saja seperi
radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli
atau mempunyai kelainan pendengaran
b. Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan.
Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto,
gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada
pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan
film kartun.
c. Media audio visual
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
Jenis media ini mempunya kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis
media yang pertama dan kedua. Media ini dibagi dalam:
1.
Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur
gambar derasal dari satu sumberseperti video kaset.
2.
Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur
gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara yang
unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal dari
tape recorder.
- Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a) Media dengan daya liput luas dan serentak.
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan
ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang
sama.seperti radio dan televisi serta internet
b) Media dengan daya liput terbatas oleh ruang
dan tempat.
Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan
tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus
menggunakan empat tertutupdan gelap.
c) Media untuk pembelajaran invidual.
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang
diri.termasuk media ini adalah modul berprogram dan pengajaran melalui
komputer.
- Dilihat dari bahan-bahannya, media terbagi menjadi:
a) Media sederhana.
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya
murah, cara pembuatannya mudah, danpenggunaannya tidak sulit.
b) Media kompleks.
Media ini adalah media yang bahan dasarnya kompleks
sulit didapat serta mahal harganya, sulit membuatnya, dan penggunaanya
memerlukan keterampilan yang memadai.
4. Kelebihan Dan Kelemahan Media Pembelajaran
Meskipun dalam penggunaannya jenis-jenis teknologi dan
media sangat dibutuhkan guru dan siswa dalam membantu kegiatan pembelajaran,
namun secar`umu terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya.
Diantara kelebihan media pembelajaran yaitu:
1. Teknologi Cetak
a) Berorientasi
atau berpusat pada siswa.
b) Informasi
dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai
2. Teknologi Audio-Visual
a) Menyajikan
visual yang dinamis
b) Digunakan
dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang
c) Merupakan
representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
d) Dikembangkan
menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
3. Teknologi Komputer
a) Dapat
digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b) Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c) Gagasan
disajikan dalam gaya
abstrak dengan simbol dan grafik
4. Teknologi Gabungan
a) Dapat
digunakan secara acak, sekuensial, linear
b) Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa
c) Gagasan
disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa
d) Prinsip
ilmu kognitif dan konstruktifisme
e) Pembelajaran
ditata dan terpusat pada lingkup kognitif
f)
Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa
g) Bahan-bahan
pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Sedangkan kelemahan dari media pembelajaran adalah
sebagai berikut:
1. Teknologi Cetak
a) Teks
dibaca secara linear
b) Menampilkan
komunikasi secarasatu arah dan reseptif
c) Ditampilkan
secara statis atau diam
d) Pengembangannya
sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
2. Teknologi Audio-Visual
a) Bersifat
linear
b) Berorientasi
pada guru
3. Teknologi Komputer
a) Beroriatasi
pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
b) Biaya
yang mahal
c) Kompetensi
dari guru memerlukan keahlian tinggi dalam pengoperasiannya.
4. Teknologi Gabungan
a)
Biaya yang mahal
b)
Diperlukan sistem yang baik dalam penggabungannya
c)
Diperlukan keahlian khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar