Kamis, 03 November 2011

MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN


DEFINISI, FUNGSI DAN MANFAAT TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI

MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Teknologi pembelajaran

Dosen pembimbing:
Drs. Moh. Arif, AM, MA.


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MIFTAHUL ‘ULA
(STAIM)
FAKULTAS TARBIYAH PRODI S1-PAI
Nglawak Kertosono Nganjuk
September 2011


DEFINISI, FUNGSI DAN MENFAAT TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI
BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Teknologi adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam masa yang serba maju ini dan teknologi akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan timbul banyaknya kebutuhan – kebutuhan dalam kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam bidang ekonomi, politik ataupun industri akan tetapi juga pada bidang pendidikan, lebih – lebih pada pendidikan agama islam. Karena teknologi dapat diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan, seperti dalam aspek pengembangan, aspek penerapan dan juga aspek penilaiaan.
Dari sini lah diharapkan teknologi pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Untuk itu dalam makalah ini akan di bahas mengenai pengertian, fungsi, juga manfaat dari teknologi pembelajaran PAI.

2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
  1. Apakah pengertian dari teknologi pembelajaran PAI ?
  2. Apakah fungsi dari teknologi pembelajaran PAI ?
  3. Apakah manfaat dari teknologi pembelajaran PAI ?


3.      Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memahami apa pengertian dari teknologi pembelajaran PAI
  2. Untuk memahami apa fungsi dari teknologi pembelajaran PAI
  3. Untuk memahami manfaat dari teknologi pembelajaran PAI
 


DEFINISI, FUNGSI DAN MENFAAT TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI
BAB II
PEMBAHASAN

1.      Definisi Teknologi Pembelajaran PAI
Mengenai masalah definisi teknologi pendidikan tidaklah berbeda dengan teknologi pembelajaran, yang mana sama – sama berharap akan lebih berhasilnya sebuah proses pendidikan atau pembelajaran.
Dalam mendefinisikan teknologi pembelajaran ada beberapa pendapat diantaranya adalah:
Yang pertama, teknologi pembelajaran adalah penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan masalah pembelajaran.[1]
Yang kedua, teknologi pembelajaran adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem – sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
Yang ketiga, teknologi pembelajaran adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat – alat komunikasi modern, juga tanpa alat – alat itu.[2]
Yang keempat, suatu cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.[3]
Yang kelima, teknologi pembelajaran adalah suatu komunikasi yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun dalam berkomunikasi yang diutamaka adalah media komunikasi yang berupa alat – alat teknologi atau disebut hardware.
Yang keenam, menurut Prof. Dr. Hadi Miarso bahwa teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara, metode dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer pengetahuan kepada peserta didik. Dalam kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai cara – cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
Dari beberapa definisi di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terknologi pembelajaran PAI adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi pendidikan agama islam dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.
Teknologi pembelajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan. Hal ini didasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Teknologi pengajaran merupakan satu himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan dan organisasi serta pengelolaan cara – cara pemecahan masalah pendidikan yang terdapat di dalam situasi belajar yang memiliki tujuan dan disengaja.

2.      Fungsi Teknologi Pembelajaran PAI
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari teknologi pembelajaran PAI sebagai berikut:
  1. Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan obyektif.
  2. Sebagai sarana untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
  3. Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
  4. Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
  5. Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi.
  6. Sebagai sarana untuk mempermudah desain pembelajaran.
  7. Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah
  8. Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
  9. Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran.

3.      Manfaat Teknologi Pembelajaran PAI
Mengenai manfaat teknologi pembelajaran PAI sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi pembelajaran PAI bagi pendidik dan peserta didik:

v     Manfaat bagi pendidik
  1. Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
  2. Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
  3. Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
  4. Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
  5. Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
  6. Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
  7. Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.


v     Manfaat bagi peserta didik
  1. Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
  2. Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
  3. Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
  4. Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
  5. Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.

 
DEFINISI, FUNGSI DAN MENFAAT TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.      Definisi teknologi pembelajaran PAI adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat menerima materi pendidikan agama islam dengan lebih baik, dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.
2.      Fungsi teknologi pembelajaran PAI adalah sebagai sarana penunjang dalam proses pembelajaran PAI.
3.      Manfaat teknologi pembelajaran PAI adalah untuk mempermudah proses pembelajaran PAI.




[1] Hamzah B. Uno. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 50
[2] Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 1
[3] Mohammad Arif AM. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press. Hlm. 3

1 komentar: